Pilih Rotan Sintetis atau Alami untuk Meja Makan?

Meja makan rotan memang memiliki unsur natural, baik itu yang terbuat dari bahan rotan alami maupun rotan sintetis. Keduanya cukup mirip tapi memiliki beberapa perbedaan. Apa saja?

Dari durability

Salah satu hal yang membedakan antara meja makan yang terbuat dari rotan sintetis dan rotan alami adalah mengenai durabilitynya. Bahan rotan alami  memiliki durabilitas yang cukup tinggi sehingga tidak mudah rusak dimakan waktu. Hanya saja jalinan-jalinan dari bahan rotan di bagian sambungan mungkin saja mengalami kerusakan seiring dengan penggunaannya. Tapi jika dibandingkan dengan bahan rotan dari bahan sintetis, bahan rotan alami memiliki daya tahan yang lebih tinggi.

Hal ini bisa dibandingkan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Di luar ruangan bahan rotan yang sintetis akan lebih cepat pudar warnanya. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari sinar ultraviolet akan membuat warna plastik dari bahan rotan sintetis lebih cepat hilang. Selain itu jika penggunaannya khusus untuk meja makan, bukankah sebaiknya meja makan dibuat dari bahan yang alami saja? Oleh karena itu meja makan rotan alami akan lebih unggul.

Dari segi harga

Hal lain yang membedakan antara bahan rotan alami dengan bahan rotan sintetis adalah dari segi harganya. Jika dibandingkan mengenai harganya, bahan rotan alami tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan meja makan yang dibuat dari bahan rotan sintetis. Bahan rotan alami memiliki daya tahan yang lebih tinggi, finish yang dimiliki oleh produk furnitur dari bahan rotan alami juga lebih menawan dibandingkan dengan bahan rotan sintetis oleh karena itu meja makan rotan minimalis dari bahan rotan alami tentu lebih mahal.

Mana yang lebih unggul?

Untuk menentukan mana yang lebih unggul dan cocok, sesungguhnya antara bahan rotan alami dan buatan tidak bisa dibandingkan. Untuk memilihnya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, bahan rotan alami memang memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan rotan sintetis. Meski begitu jika hadapkan dengan musim di indonesia, penggunaan bahan rotan sintetis di luar ruangan mungkin lebih menguntungkan. Cuaca yang panas dan juga musim hujan bisa menyebabkan kerusakan pada bahan rotan alami menjadi lebih mudah untuk terjadi.  Tapi jika penggunaannya adalah sebagai meja makan, bahan rotan alami tentu lebih baik.

Bahan rotan alami lebih baik digunakan karena selain penggunaannya di dalam ruangan juga bisa dilihat dari hal kesehatan. Rotan dengan bahan alami tentu lebih aman ketika ada sekitar kita terutama disekitar anak-anak lebih rendah kemungkinan racun dan tentu lebih aman. Oleh karena itu jika anda akan mencari meja makan rotan sebaiknya pilih meja makan yang terbuat dari jalinan rotan alami dibandingkan dengan yang sintetis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *