Mengenal playground outdoor

Taman bermain anak-anak atau biasa dikenal dengan nama playground, merupakan tempat yang sangat pas untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak. Selain itu saat bermain di playground setiap anak akan saling berinteraksi satu sama, sehingga melatih kemampuan berkomunikasi anak dengan orang lain. Tentunya dalam penggunaan playground ini perlu pengawasan orangtua agar proses bermain anak-anak tetap terkontrol dengan baik.

Ada playground yang berbayar ada pula yang gratis, tentunya ini setara dengan fasilitas yang diperoleh nantinya. Jika dilihat dari tempat dibuatnya playground, maka playground dapat dibagi menjadi dua, yakni playground indoor dan ada pula yang jual playground outdoor. Playground outdoor banyak ditemui di sekolah-sekolah, taman kota, tempat wisata terbuka dan lain sebagainya. Sedangkan bisnis dari jual playground indoor banyak ditemui di tempat-tempat perbelanjaan atau di beberapa tempat wisata yang khusus memberikan ruang untuk playground indoor.

Disadari atau tidak, antusiasme masyarakat dalam mengajak anak-anaknya bermain di playground saat ini sangatlah tinggi. Selain menjadi tempat hiburan bagi anak-anak, playground juga menjadi sarana edukasi bagi anak-anak mereka. Selain itu beberapa playground indoor digunakan oleh sebagian orang tua untuk mengisi waktu bagi anak-anak sembari menunggu orang tua berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai playground outdoor. Beberapa konsep outdoor yang dikenal masyarakat diantaranya waterpark, aqua playground, jungle park, wooden playhouse, dan masih banyak lagi. Tentunya pemilihan konsep tersebut akan ditentukan dari luas area yang tersedia. Hal yang paling mencolok dari playground outdoor dibandingkan playground indoor adalah pemilihan bahan pembuat peralatan bermainnya.

Untuk bahan outdoor maka wajib dipilih bahan yang tahan karat dan tahan cuaca. Hal ini dimaksudkan agar peralatan akan sering terpapar sinar matahari dan hujan tetap aman digunakan, karena akan sangat berbahaya jika besi yang digunakan untuk rangka bermain berkarat. Juga tahan terhadap cuaca, agar peralatan bermain yang digunakan tidak mudah kusam dan luntur warnanya. Tentunya playground dengan warna yang sudah pudar dan kusam akan menurunkan minat anak-anak untuk mau bermain di playground indoor.

Bahan yang memenuhi kedua syarat tersebut diantaranya besi galvanis, yakni besi yang sudah dilapisi oleh lapisan seng dengan tujuan untuk melindunginya dari karat sehingga banyak digunakan oleh supplier penjual playground outdoor. Lalu plastik LLDPE, yakni plastik yang mudah diwarnai dan tidak mudah luntur walau terpapar cuaca ekstrim sekalipun.

Playground outdoor biasanya dilengkapi pula dengan fasilitas pendukung seperti kafetaria, toilet umum, ruangan P3K, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan salah satu standar yang wajib dimiliki oleh service supplier jual playground outdoor untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung saat menggunakan fasilitas playground. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan sehingga pengunjung enggan untuk berkunjung lagi ke playground tersebut hanya karena kurangnya prasarana pendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *