Penggunaan genteng spandek sebagai atap rumah

Atap merupakan bagian dari struktur bangunan rumah yang berfungsi sebagai penutup rumah dari sinar matahari, hujan dan gangguan lain. Atap memberikan perlindungan dan kenyamanan pada isi rumah, baik bagi orang-orang yang beraktivitas di dalamnya maupun benda-benda yang ada didalamnya. Konstruksi atau struktur atap umumnya terdiri atas tiga bagian utama yakni: rangka kuda-kuda, gording dan struktur penutup atap.

Rangka kuda–kuda adalah penopang rangka atap berbentuk balok kayu yang disusun membentuk segitiga. Berada pada bagian bawah struktur penutup atap dan berfungsi menyangga struktur atap yang ada di atasnya. Gording adalah balok kayu yang berada persis di atas rangka kuda–kuda. Ketiga disusun untuk menyangga genteng yang akan dipasang di atas rangka atap rumah.

Salah satu genteng yang paling diminati masyarakat adalah genteng jenis spandek. Genteng ini terbuat dari pencampuran aluminium sebanyak 55% dengan seng sebesar 43% dan sisanya sebagai bahan perekat digunakan silikon sebanyak 2%. Karena terbuat dari bahan-bahan kimia tersebut genteng spandek atap relatif lebih mudah dibentuk sesuai permintaan, terutama jika diperlukan pada bagian-bagian atap yang melengkung.

Kelebihan yang paling menonjol dari atap spandek adalah bobotnya yang ringan dibandingkan genteng lain. Namun bukan berarti karena bobotnya ringan maka atap spandek akan menjadi mudah pecah. Atap spandek memiliki sifat yang lebih lentur dibanding atap lain, sehingga tetap kokoh walaupun tertimpa beban yang berat. Bobotnya yang ringan ini jugalah yang menjadi salah satu pertimbangan para pengembang untuk menggunakan atap spandek ini. Karena pengerjaan bangunan menjadi lebih mudah cepat selesai karena genteng spandek mudah dipindah-pindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Ukuran yang ditawarkan pun lebih beragam. Ketebalan atap spandek mulai dari yag terkecil 0,3 hingga 0,5 mm. Sedangkan panjang standarnya adalah sekitar 6-7 m, namun jika user menginginkan dimensi yang lebih panjang atau lebih pendek, hal tersebut dapat dipenuhi oleh pabrik, namun sebagai permintaan khusus. Sedangkan ukuran lebarnya dimulai dari lebar 600 mm hingga 1060 mm.

Salah satu lapisan primer atap spandek adalah lapisan seng, seng dikenal dapat meningkatkan ketahanan terhadap korosi serta dapat menjamin mutu cat yang diaplikasikan pada genteng spandek tersebut. Awalnya atap spandek hanya memiliki satu warna saja yakni perak, namun akhir-akhir ini warnanya semakin beragam seiring dengan meningkatnya permintaan akan atap spandek.

Warna yang lebih beragam ini menambah nilai jual genteng spandek. Karena warna yang lebih bervariasi akan memberikan kesempatan pada desainer bangunan untuk dapat berkreasi secara lebih lagi. Terutama dalam meningkatkan nilai estetika bangunan dimana beberapa bangunan membutuhkan warna cat genteng yang khusus dan sepadan dengan warna dinding agar lebih menyatu dengan konsep yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *