Mengenal Genset Besar dan Kegunaannya

Kata “genset” barangkali sudah tidak lagi asing di telinga Anda. Istilah yang merupakan singkatan dari generator set ini merupakan alat atau mesin yang komponennya terdiri atas generator alias pembangkit listrik, dan mesin penggerak. Semua komponen tersebut dikonfigurasi dalam satu mesin genset besar untuk menghasilkan tenaga listrik dengan besaran daya tertentu.

Cara Kerja Mesin Genset Besar

Pada dasarnya, mesin genset bekerja dengan mengubah energi gerak (energi kinetic) lewat komponen penggerak menjadi energi listrik yang komponen generator hasilkan. Jika Anda familiar dengan cara kerja sebuah dynamo sepeda, sebenarnya mesin genset memiliki konsep cara kerja yang serupa – ada gerakan di dalam mesin yang lantas diubah menjadi aliran energi listrik.

Ada berbagai jenis mesin genset yang ada di pasaran saat ini, dengan dua jenis yang paling sering digunakan oleh masyarakat: genset diesel dan genset motor. Seperti yang namanya tunjukkan, genset diesel membutuhkan bahan bakar solar atau bensin untuk menggerakkan generator yang ada di dalamnya. Sedangkan genset motor menggunakan konsep pembakaran internal di dalam agar bisa menggerakkan generator. Baik itu untuk kebutuhan toko, kantor, tempat usaha, maupun rumah tangga, kedua jenis mesin genset tersebut adalah yang paling sering ditemukan, dengan perbedaan hanya pada kapasitas daya listrik yang dihasilkan.

Kegunaan Mesin Genset

Berdasarkan pengalaman sehari-hari, Anda pastinya sudah tahu apa kegunaan dari mesin genset besar, yaitu untuk menyediakan tenaga listrik. Biasanya, genset digunakan sebagai sumber listrik cadangan jika pemadaman listrik terjadi. Hanya saja, kegunaan genset yang satu ini biasanya ditemukan di daerah-daerah yang sudah maju dengan pasokan listrik yang sudah merata.

Sementara itu, di wilayah Indonesia lainnya yang bisa dibilang terpencil dan pasokan listriknya belum aman, mesin genset besar sangat umum dimanfaatkan sebagai sumber listrik utama mereka. Karena itu, biasanya warga di daerah tersebut sudah menjadwalkan kapan mesin genset akan dinyalakan dan kapan akan dimatikan.

Kemudian, karena mesin genset yang relatif bisa dibawa ke mana saja, maka genset bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik outdoor atau di luar ruangan, bahkan dalam situasi apapun. Apalagi, sekadar ada yang namanya mesin genset portable dengan ukuran yang lebih ringkas daripada mesin genset besar pada umumnya, yang sering kali dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik saat berkemah. Di samping itu, mesin genset pun dapat dimanfaatkan di daerah penampungan atau pengungsian, di mana pasokan listrik dibutuhkan secara darurat dan aliran listrik masih terputus lantaran terjadi peristiwa yang merusak infrastruktur jaringan listrik PLN, seperti terjadinya bencana alam.

Penggunaan dan Perawatan Mesin Genset

Pada dasarnya, mesin genset apapun – termasuk genset besar – mudah dioperasikan. Apalagi, petunjuk penggunaan pasti selalu mendampingi begitu Anda membeli sebuah mesin genset. Biasanya, genset dapat langsung digunakan begitu Anda menghubungkan konektor atau colokan antara aliran listrik generator dengan aliran listrik bangunan, baik itu rumah atau tempat usaha. Kemudian, nyalakan mesin dengan cara menarik penarik yang sudah ada untuk mengaktifkan mesin penggerak. Dengan begitu, energi gerak (kinetik) yang dibutuhkan untuk diubah menjadi energi listrik pun dapat tercipta.

Sementara itu, cara perawatan mesin genset juga biasanya sudah dijelaskan di dalam panduan yang sama. Yang perlu Anda ingat dan perhatikan adalah merawat pelumas di dalam generator, yang akan menunjang kelancaran perputaran mesin penggerak. Di samping itu, mesin genset pun perlu dipanaskan juga guna menghindari terjadinya karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *