Memilih Besi Plat Strip Untuk Pagar Teralis Rumah

Pembuatan pagar di zaman sekarang ini memang sudah menjadi kebutuhan, mengingat fungsinya sebagai pelindung rumah. Selain itu, kebanyakan jenis bahan pagar yang digunakan ialah dari plat besi strip atau berbahan dasar besi, mengingat ketahanan dan tingkat keawetannya lebih tinggi dibandingkan bahan kayu.

Jenis-Jenis Besi Untuk Aplikasi Pagar Teralis Rumah

Di bawah ini ada beberapa jenis besi yang biasa diaplikasikan untuk pembuatan pagar rumah, diantaranya :

  1. Pagar Besi Vial

Pagar besi yang biasa disebut sebagai vial pagar logam ini, harganya bervariasi dari yang paling terjangkau jenis aluminium tubular hingga yang paling mahal sekalipun berbentuk besi cor dan baja padat.

Sementara untuk pemasangannya sendiri dapat dipasang atau dirakit sendiri jika Anda berpengalaman. Akan tetapi jika tidak, sebaiknya cari jasa pasang pagar professional untuk menangani baja padat ini.

Untuk perawatannya sendiri tidak sebanyak perawatan pada pagar kayu, mengingat aluminium bersifat anti korosif sehingga tidak memerlukan perawatan. Akan tetapi untuk melindungi bagian permukaannya agar bisa tahan lama sampai 20 tahun ataupun lebih, Anda dapat melengkapi pelindung di permukaan pagar.

  1. Pagar BRC

Pagar BRC (British Reinforced Concrete) ditemukan di salah satu perusahaan konstruksi yang ada di Singapura. Sementara di wilayah Indonesia itu sendiri biasanya pagar BRC ini diartikan sebagai besi yang berasal dari bahan besi beton berdiameter 5-8 mm tergantung pada ketinggian pagar. Dimana semakin tinggi pembuatan pagarnya, diameternya pun harus semakin besar.

Jenis pagar ini sebenarnya merupakan pagar minimalis siap pasang. Penggunaannya sekarang tidak hanya digunakan untuk pengaman rumah saja, melainkan untuk kantor maupun bangunan Gedung-gedung lainnya.

  1. Besi Tuang

Besi tuang biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan pagar dan gerbang. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara melakukan treatment pada biji besi hingga melebur sampai akhirnya didapat besi dengan proporsi tertentu dan dituang ke dalam cetakan yang ukuran dan bentuknya sesuai keinginan.

Besi tuang mengandung mangan, karbon, fosfor, silikon, dan belerang dengan karakter dan sifat yang bervariasi untuk berbagai kebutuhan, salah satunya sebagai pembuatan pintu pagar dan gerbang.

  1. plat besi strip

Plat Strip merupakan salah satu material besi yang juga biasa diaplikasikan dalam pembuatan pagar. plat besi strip ini berbentuk seperti halnya papan kayu yang standar panjangnya berukuran 6 meter dengan lebar yang bervariasi dari 99-200 mm. Sementara untuk ketebalannya sendiri mulai dari 3mm-12mm.

plat besi strip juga dapat diaplikasikan selain sebagai material pembuat pagar juga untuk bahan teralis pintu atau jendela serta untuk kebutuhan konstruksi pengaman yang lainnya. Keunggulan utama dari plat strip yaitu lebih gampang ditekuk dengan memakai las.

Dari keempat jenis bahan besi untuk pagar teralis rumah di atas, Anda harus menyesuaikan dengan konsep atau tema rumah Anda agar terlihat serasi antara bangunan rumah dengan material pagar yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *