4 Contoh Penggunaan Jasa Foto Udara. Tidak Hanya Untuk Memotret Saja, Lho!

Saat ini, jasa foto tidak hanya terbatas pada foto potret, foto untuk pre-wedding, dan lain sejenisnya. Akan tetapi juga dapat meliputi jasa foto udara, yang akhir-akhir ini sudah mulai populer.

Jasa foto udara adalah jasa pemotretan yang dilakukan menggunakan drone. Karena drone memiliki kamera dan dikendalikan dengan remote control, maka pemotretan dapat dilakukan dari sudut yang lebih banyak lagi, daripada ketika melakukan pemotretan menggunakan kamera biasa.

Dengan menggunakan jasa foto udara, foto dapat diambil dengan lebih luas. Hal ini dikarenakan kamera di drone memiliki viewing angle yang lebar, sehingga pengambilan gambar dapat dilakukan dengan sudut pandang yang sangat luas.

Beberapa penerapan jasa foto udara adalah sebagai berikut:

  1. Paper Mob

Paper mob adalah suatu atraksi koreografi yang menggunakan kertas untuk membentuk dan memperlihatkan suatu gambar atau tulisan tertentu. Karena paper mob dilakukan dengan banyak orang dan banyak kertas, maka jasa foto udara amat sangat dibutuhkan di sini.

Dengan menggunakan jasa foto udara, maka paper mob dapat dilakukan sedikit lebih lama, dengan sudut yang lebih luas, dan bahkan dapat dilakukan dalam bentuk video.

  1. Foto Pemandangan

Foto pemandangan juga dapat dilakukan oleh jasa foto udara. Biasanya, pemotretan pemandangan menggunakan drone dilakukan dengan tujuan untuk promosi tempat wisata.

Salah satu alasan mengapa menggunakan jasa foto udara adalah karena dapat digunakan untuk mengambil foto pada tempat yang sulit dijangkau, seperti mengambil foto di gunung, tengah danau, dan lain sebagainya.

  1. Foto Bangunan dan Pemukiman

Tak hanya foto pemandangan, foto bangunan juga dapat dilakukan menggunakan jasa foto udara. Dengan ini, maka pemotretan dapat dilakukan dari sudut pandang yang lebih luas dan cenderung sulit untuk dijangkau.

Bahkan, foto pemukiman penduduk dapat dilakukan dari atas untuk melihat kepadatan penduduk, bahkan untuk melihat berbagai peristiwa alam yang melanda suatu pemukiman, seperti halnya banjir, longsor, bangunan runtuh pasca gempa, dan lain sebagainya.

  1. Meneliti Sumber Daya Alam

Dalam pertambangan, jasa foto udara dapat digunakan untuk mencari berbagai sumber daya alam (SDA) yang masih belum terjamah manusia.

Khusus untuk meneliti SDA, kamera pada drone biasanya dilengkapi dengan beragam fitur ekstra seperti sensor inframerah dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar pengguna atau operator dapat melihat sumber daya dengan lebih jelas, ketimbang menggunakan kamera biasa.

Demikian beberapa contoh penggunaan jasa foto udara. Dapat digunakan sebagai pemotretan biasa, video promosi, hingga penyelamatan warga terdampak bencana alam dan pencarian sumber daya alam.

Meskipun terlihat mudah, ternyata mengoperasikan sebuah drone butuh kemampuan dan keterampilan tersendiri. Sehingga, butuh pelatihan agar dapat mengoperasikan drone dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *